Makanan Alternatif Lovebird sebagai Pengganti Milet Putih

Pada dasarnya burung lovebird itu termasuk burung pemakan biji-bijian. Para peternak yang kreatif di Indonesia mengganti makanan alternatif jenis biji-bijian yang murah yaitu gabah.

Cara melatih lovebird makan gabah kering
Berikut cara melatih lovebird supaya bisa makan gabah kering secara total:
  1. Milet putih dicampur dengan gabah kering dengan takaran 1 : 1
  2. Milet dan gabah diaduk sampai tercampur rata kemudian ditaruh pada tempat pakan di kandang.
  3. Berikan campuran milet dan gabah dengan perbandingan satu banding satu selama satu minggu.
  4. Setelah melewati satu minggu milet putihnya dikurangi separuhnya lagi. Artinya perbandingan milet putih dan gabah kering adalah ¼ : 1.
  5. Pembiasaan perbandingan seperempat milet dan satu takar gabah kering selama satu minggu lagi.
  6. Setelah minggu kedua, kita bisa berikan gabah kering secara total. Sebagai saran sebaiknya pemberian gabah didampingi dengan jagung kering yang sudah digiling. Jadi ada campuran gabah dan jagung. Perbadingannya bisa satu takar gabah dan setengah takar jagung giling. Aduk merata.
Pada hari pertama lovebird pasti akan lebih memilih milet putihnya. Namun akan terlihat lovebird sudah mulai memecah gabahnya.

SARAN: Pemberian gabah sebaiknya pada lovebird yang umurnya sudah tiga bulanan. Karena pada umur 2 bulan lovebird baru bisa makan dan takutnya kalau diberi sejak dini lovebirdnya tidak kuat makan gabah. Kalau sudah umur tiga bulanan sudah bisa kuat diberi pakan gabah.

Apakah gabah bisa menyebabkan nyilet pada lovebird?
Berdasarkan pengalaman teman-teman yang sudah mencoba, awalnya gabah bisa menyebabkan milet. Setelah di evaluasi ternyata tidak ada pakan lain dalam kandang. Kemudian sudah banyak teman yang mencoba memberikan pakan gabah sebagai pengganti milet TAPI dicampur dengan pakan lain seperti jagung giling. Kemudian ada teman peternak yang selalu menyediakan sayuran bekas seperti kol atau sawi di dalam kandang.
 
Pemberian gabah pada indukan lovebird
Untuk lovebird yang sedang meloloh sebaiknya pemberian gabah dikurangi jumlahnya. Berikan gabah takaran ¼ saja kemudian selebihnya dicampur dengan milet putih dan kenari sed. Sediakan juga setiap hari jagung muda. Ada teman yang menambahkan voer ayam 511 juga bisa direkomendasikan.

0 komentar :

Posting Komentar

Cancel Reply